SUMENEP | duta.co — Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) PT Energi Mineral Langgeng (EML) menggelar sosialisasi kelanjutan kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) di Kabupaten Sumenep.

Kegiatan sosialisasi yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi itu, digelar di Ruang Rapat Arya Wiraraja Pemkab Sumenep, Rabu (28/3/2018) siang.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program pemboran sumur pertama EML pada periode sebelumnya. Pada tahun ini, kami akan melakukan pemboran sumur ENC-2 di lokasi yang sama dengan sumur sebelumnya, yaitu di Desa Tanjung Kecamatan Saronggi,” kata Nur Hidayat, Public Relation Coordinator EML.

Hidayat menambahkan, pemboran sumur ENC-2 ini merupakan bagian dari komitmen EML terhadap pemerintah pada tahun keenam masa eksplorasi. EML sendiri menerima amanat dari pemerintah untuk mengelola wilayah kerja yang disebut South East Madura Block, meliputi sebagian wilayah Kabupaten Sumenep dan Situbondo.

Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi menegaskan, Pemerintah Kabupaten Sumenep menyambut baik kelanjutan kegiatan eksplorasi EML. “Ini kan sebenarnya tinggal melanjutkan saja. Pada saat ekonomi dunia di sektor migas mulai membaik, EML mencoba melanjutkan kembali kegiatan eksplorasi yang pernah dilakukan,” ujarnya.

Karena itu, atas nama Pemkab Sumenep, Fauzi berharap EML mendapatkan sumur yang baik dalam tahap eksplorasinya, sehingga hasilnya juga sesuai harapan bersama.

“Semua elemen harus duduk bersama untuk kepentingan yang lebih baik menuju kemaslahatan masyarakat. Kalangan media massa juga harus mendukung upaya ini dan masyarakat tidak perlu lagi terprovokasi,” tegasnya.

Tampak hadir dalam sosialisasi tersebut, Kepala Staf Kodim 0827/Sumenep Mayor Arm Budi Susilo Wibowo, Wakil Kepala Polres Sumenep Kompol Sutarno, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Sumenep Herpin Hadat, dan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sumenep. Spesialis Pratama SKK Migas Jabanusa M Fatah Yasin dan General Manager EML Sopandi Tossin hadir untuk menyampaikan materi dalam sosialisasi tersebut.

Dari wilayah Kecamatan Saronggi, hadir unsur Forum Pimpinan Kecamatan (Camat, Kapolsek dan Danramil), beberapa kepala desa, serta para tokoh masyarakat Desa Tanjung yang menjadi lokasi pemboran sumur ENC-2.

Dalam sosialisasi tersebut, imbuh Hidayat, EML berkomitmen untuk mengintegrasikan kegiatannya dengan program pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi. EML juga meminta dukungan dari segenap pemangku kepentingan untuk mendukung kegiatan eksplorasinya, guna memperkuat cadangan migas nasional.

“Apalagi, EML adalah KKKS yang sahamnya dimiliki oleh putra daerah dan asli Jawa Timur,” pungkas pria kelahiran Mojokerto ini. (day)

Sumber : duta.co